Profil - Kesejahteraan Sosial

Lukman Nul Hakim, S.Psi., MA

Peneliti Pertama

Lukman Nul Hakim, S.Psi., M.A.

Peneliti Pertama III/b

Kepakaran Psikologi

luckey_knap@yahoo.com

Lahir di Jakarta, 26 Februari 1976. Menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi Universitas Indonesia (2002), pendidikan S2 Master of Arts in Psychology University of Jamia Milia Islamia (2007), dan saat ini sedang menyelesaikan program Doktoral di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia sejak tahun 2012. Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Ulasan Metode Kualitatif: Wawancara terhadap Elit” dan “Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi Lokal melalui Internasionalisasi Pendidikan Tinggi”.



EMAIL
lukman.nulhakim@dpr.go.id

Dinar Wahyuni, S.Sos., M.Si.

Peneliti Muda

Dinar Wahyuni, S.Sos., M.Si.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Sosiologi

hi_dins@yahoo.com

Lahir di Yogyakarta, 8 Maret 1982. Menyelesaikan pendidikan S1 Sosiatri Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2004) dan pendidikan S2 Sosiologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2007). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Pencegahan Perdagangan Orang Berbasis Partisipasi Masyarakat”, “Kontribusi Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat”, dan “Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Komite Sekolah menuju Pembangunan Berkelanjutan”.



EMAIL
dinar.wahyuni@dpr.go.id

Sulis Winurini, S.Psi., M.Psi.

Peneliti Muda

Sulis Winurini, S.Psi., M.Psi.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Psikologi

suliswinurini@yahoo.com

Lahir di Jakarta, 5 November 1980. Menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi Universitas Indonesia (2004) dan pendidikan S2 Psikologi Industri dan Organisasi Universitas Indonesia (2006). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Media Sosial dan Tantangan Mewujudkan Masyarakat yang Sehat”, “Kontribusi Psychological First Aid (PFA) dalam Penanganan Korban Bencana Alam” dan “Fenomena Kecemasan pada Siswa saat Menghadapi Ujian Nasional”.



EMAIL
sulis.winurini@dpr.go.id

Mohammad Teja, S.Sos., M.Si.

Peneliti Muda

Mohammad Teja, S.Sos., M.Si.

Peneliti Muda III/c

Kepakaran Sosiologi

teja@dpr.go.id

Lahir di Muara Enim, 21 Juli 1976. Menyelesaikan pendidikan S1 Hubungan Internasional Universitas Jayabaya (2000) dan pendidikan S2 Sosiologi Universitas Padjadjaran (2002). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Peran CSR dalam Upaya Meredam Konflik Sosial”, “Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kawasan Pesisir”, dan “Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Miskin di Pesisir Pantai”.



EMAIL
teja@dpr.go.id

Sali Susiana, S.Sos, M.Si.

Peneliti Utama

Sali Susiana, S.Sos., M.Si.

Peneliti Utama IV/c

Kepakaran Studi Kemasyarakatan – Studi Khusus Gender

sali_susiana@yahoo.com

Lahir di Jakarta, 13 April 1971. Menyelesaikan pendidikan S1 Sosiologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (1995) dan pendidikan S2 Kajian Wanita Universitas Indonesia (2005). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Representasi Perempuan dalam Lembaga Legislatif”, “Perda Diskriminatif dan Kekerasan terhadap Perempuan” dan “Perdagangan Orang dan Perlindungan terhadap Perempuan”.



EMAIL
sali.susiana@dpr.go.id

Sri Nurhayati Qodriyatun, S.Sos., M.Si.

Peneliti Madya

Sri Nurhayati Qordiyatun, S.Sos., M.Si.

Peneliti Madya IV/b

Kepakaran Kebijakan Lingkungan

qodri96@yahoo.com; sri.qodriyatun@dpr.go.id

Lahir di Yogyakarta, 19 November 1970. Menyelesaikan pendidikan S1 Sosiologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta (1993) dan pendidikan S2 Magister Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (2005). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Kota Batam melalui Pemberdayaan Masyarakat”, “Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dalam Kerangka Desentralisasi”, dan “Kontribusi Perusahaan melalui Corporate Social Responsibility dalam Pencapaian Millenium Development Goals di Daerah”.



EMAIL
sri.qodriyatun@dpr.go.id

Faridah Alawiyah, S.Pd., M.Pd.

Peneliti Muda

Faridah Alawiyah, S.Pd., M.Pd.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Studi Pendidikan

faridahalawiyah@gmail.com

Lahir di Bandung, 18 April 1984. Menyelesaikan pendidikan S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (2006) dan pendidikan S2 Pengembangan Kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia (2008). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Program Indonesia Pintar dan Pembangunan Berkelanjutan”, “Peran Sektor Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas SDM sebagai Upaya Pencegahan dan Perdagangan Orang”, dan “Perubahan Kebijakan Ujian Nasional 2015”.



EMAIL
faridah.alawiyah@dpr.go.id

Yulia Indahri, S.Pd., M.A.

Peneliti Madya

Yulia Indahri, S.Pd., M.A.

Peneliti Madya IV/a

Kepakaran Studi Masyarakat dan Sosiologi Perkotaan

y.indahri@gmail.com

Lahir di Jakarta, 22 Juli 1974. Menyelesaikan pendidikan S1 Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta (1999) dan pendidikan S2 Development Studies University of East Anglia, Norwich (2003). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Peran Parlemen dalam Penanggulangan Kemiskinan”, “Pembangunan Kesehatan Daerah di Era Jaminan Kesehatan Nasional (Studi Kasus Kota Kupang)”, dan “Pembelajaran dari Pelaksanaan Jaminan Kesehatan di Aceh”.



EMAIL
yulia.indahri@dpr.go.id

DR. Ujianto Singgih P., M.Si.

Peneliti Utama

Ujianto Singgih Prayitno, Dr., M.Si.

Peneliti Utama IV/d

Kepakaran Studi Masyarakat dan Sosiologi Perkotaan

ujiantosinggihpr@yahoo.com

Lahir di Jakarta, 19 November 1964. Menyelesaikan pendidikan S1 Filsafat Univeritas Gadjah Mada, Yogyakarta (1989), pendidikan S2 Program Studi Sosiologi Universitas Indonesia (1997), dan pendidikan S3 Program Doktor Sosiologi Universitas Indonesia (2004). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Pencegahan Tindakan Korupsi dalam Perspektif Sosiologi”, “Konseptualisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Perspektif Sosiologi”, dan “Kearifan Lokal dan Perilaku Menyimpang: Perspektif Sosiologi dalam Pengelolaan Sumber Daya Air”.

EMAIL
ujianto.singgih@dpr.go.id

Dra. Hartini Retnaningsih, M.Si.

Peneliti Madya

Hartini Retnaningsih, Dr., Dra., M.Si.

Peneliti Madya IV/b

Kepakaran Analisis Dampak Sosial dan Evaluasi Program

hartiniretnaning@yahoo.com

Lahir di Klaten, 25 April 1965. Menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro (1990), pendidikan S2 Sosiologi Universitas Indonesia (2000), dan pendidikan S3 Ilmu Kesejahteraan Sosial FISP UI (2016). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Dampak Sosial yang Diharapkan dan Kendala-Kendala dalam Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional”, “Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan penyelenggara Jaminan Sosial (Studi di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur dan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara)”, dan “Upaya Penyelenggaraan Jaminan Sosial di Indonesia”.



EMAIL
hartini.retnaningsih@dpr.go.id

DR. Mohammad Mulyadi, AP., M.Si.

Peneliti Madya

Mohammad Mulyadi, Dr., AP., M.Si.

Peneliti Madya IV/b

Kepakaran Sosiologi

mohammadmulyadi@yahoo.co.id

Lahir di Makassar, 13 Maret 1976. Menyelesaikan pendidikan Ahli Pemerintahan di STPDN (1998), pendidikan S2 Sosiologi Universitas Indonesia (2002), dan pendidikan S3 Ilmu Sosial Universitas Padjadjaran (2008). Jabatan saat ini Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Metode Penelitian Praktis: Kuantitatif dan Kualitatif”, “Dinamika Sosial Kehidupan di Desa”, dan “Masalah Sosial dalam Pembangunan”.



EMAIL
mohammad.mulyadi@dpr.go.id

Elga Andina, S.Psi., M.Psi.

Peneliti Muda

Elga Andina, S.Psi., M.Psi.

Peneliti Muda III/c

Kepakaran Psikologi

elga.andina@dpr.go.id

Lahir di Padang, 28 Juni 1983. Menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi Universitas (2005) dan pendidikan S2 Profesi Psikologi Industri dan Organisasi Universitas Indonesia (2008). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah Kejahatan Sadis oleh Remaja:​ ​Studi Kasus Begal Sepeda Motor di Kota Depok​ (2015); Layanan Kesehatan JIwa Dasar di Era Jaminan Kesehatan Nasional​ (2015) & Pekerja Penyandang Disabilitas: Antara Bias, Prejudice dan Diskriminasi (2014).



EMAIL
elga.andina@dpr.go.id

Tri Rini Puji Lestari, S.K.M., M.Kes.

Peneliti Madya

Tri Rini Puji Lestari, S.K.M., M.Kes.

Peneliti Madya IV/b

Kepakaran Kebijakan dan Manajemen Kesehatan

tririni74@yahoo.com

Lahir di Jakarta, 8 Mei 1969. Menyelesaikan pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (1997) dan pendidikan S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (2004). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Pelayanan Kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan”, “Peningkatan Akses Masyarakat Miskin terhadap Pelayanan Kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional”, dan “Kebijakan Penyediaan Obat di Era Jaminan Kesehatan Nasional”.



EMAIL
tri.lestari@dpr.go.id

Rahmi Yuningsih, S.K.M., M.K.M.

Peneliti Muda

Rahmi Yuningsih, S.K.M., M.K.M.

Peneliti Muda III/c

Kepakaran Kesehatan Masyarakat

rahmi.yuningsih@yahoo.com; rahmi.yuningsih@dpr.go.id

Lahir di Jakarta, 22 Juli 1987. Menyelesaikan pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (2009) dan pendidikan S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (2014). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Tinjauan Kebijakan Pengintegrasian Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam Jaminan Kesehatan Nasional”, “Kerja Sama Internasional dalam Menghadapi Ancaman Pandemi Penyakit Menular” dan “Pengembangan Profesionalisme Perawat melalui Rancangan Undang-Undang tentang Keperawatan”.



EMAIL
rahmi.yuningsih@dpr.go.id

Anih Sri Suryani, S.Si., M.T.

Peneliti Muda

Anih Sri Suryani, S.Si., M.T.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Kesehatan Lingkungan

anihss@yahoo.com

Lahir di Ciamis, 14 Oktober 1975. Menyelesaikan pendidikan S1 Geofisika dan Meteorologi Institut Teknologi Bandung (1999) dan pendidikan S2 Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (2003). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Perlindungan Kesehatan bagi Petugas Pengelola Sampah (Studi Kasus Pengelolaan Sampah di Gianyar Bali)”, “Peran Parlemen dalam Penanganan Emisi Gas Buang dari Sektor Transportasi Darat,” dan “Kontribusi CSR dalam Pengelolaan Sampah”.



EMAIL
anih.suryani@dpr.go.id

Teddy Prasetiawan, S.T., M.T.

Peneliti Muda

Teddy Prasetiawan, S.T., M.T.

Peneliti Muda III/c

Kepakaran Kebijakan Lingkungan

teddy@dpr.go.id

Lahir di Rejang Lebong, pada 25 Maret 1980. Menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (2004) dan pendidikan S2 Magister Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (2008). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Peluang Implementasi Extended Producer Responsibility (EPR) di Indonesia”, “Masa Depan Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Pascapembatalan UU No. 7 Tahun 2004”, dan “Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Ketersediaan Air Baku PDAM Kabupaten Lebak”.



EMAIL
teddy@dpr.go.id

Dr. Achmad Muchaddam F., S.Ag., M.A.

Peneliti Madya

Achmad Muchaddam F., Dr., S.Ag., M.A.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Agama dan Masyarakat

muchaddam@yahoo.com

Lahir di Surabaya, 21 Januari 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 Syariah IAIN Sunan Ampel Surabaya (1996), pendidikan S2 Magister Filsafat Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (2002), dan pendidikan S3 Ilmu Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (2013). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Penguatan Kewirausahaan di Pesantren melalui Program CSR”, “Tokoh Agama Melawan Perdagangan Orang”, dan “Penyelenggaraan Ibadah Haji: Masalah dan Penanganannya”.



EMAIL
achmad.fahham@dpr.go.id

Dina Martiany, S.H., M.Si.

Peneliti Muda

Dina Martiany, S.H., M.Si.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Studi Kemasyarakatan – Studi Khusus Gender

dina8333@gmail.com

Lahir di Bandar Lampung, 16 Maret 1982. Menyelesaikan pendidikan S1 Fakultas Hukum Universitas Lampung (2003) dan pendidikan S2 Pasca- Sarjana Kajian Wanita/Gender Universitas Indonesia (2007). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “CSR melalui Microfinance untuk Pemberdayaan Perempuan”, “Kesetaraan Gender melalui Sustainable Development Goals (SDGs)”, dan “Kesetaraan Gender dalam Pembangunan Inklusif Disabilitas”.



EMAIL
dina.martiany@dpr.go.id

Dr. Rohani Budi Prihatin, S.Ag., M.Si.

Peneliti Muda

Rohani Budi Prihatin, Dr., S.Ag., M.Si.

Peneliti Muda III/d

Kepakaran Studi Masyarakat dan Sosiologi Perkotaan

rohbudbud@gmail.com

Lahir di Karang Talun Kidul Purwojati Banyumas, 7 Juni 1973. Menyelesaikan pendidikan S1 Syari’ah IAIN Sunan Kalijaga (1996), pendidikan S2 Sosiologi di Universitas Indonesia (2002), dan pendidikan S3 Studi Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta (2009). Karya tulis ilmiah yang pernah diterbitkan antara lain adalah “Problem Air Bersih di Perkotaan”, “Mengurangi Masalah Banjir di Jakarta”, dan “Permasalahan dan Solusi Pengelolaan Sampah di Perkotaan”.



EMAIL
rohani.prihatin@dpr.go.id

← Sebelumnya 1 2 3 ... Selanjutnya →